Pentingnya Blogger Memahami dan Menggunakan Elemen Jurnalistik Dalam Tulisan


Pada dasarnya,segala bentuk jurnalistik melalui media apapun sejatinya harus mengandung elemen-elemen tersebut. Penyampaian berita kini tidak hanya melalui platform majalah, televisi, ataupun koran yang memerlukan approval dari kepala direksi. Seiring berkembangnya teknologi, platform “Blog” kini menjadi media yang sering digunakan untuk menyampaikan berita dengan ditulis dan langsung ditautkan oleh penulis tersebut. Maka, penulis memiliki hak penuh dalam penyampaian, bahasa, konten, dan jenis berita yang akan disampaikan.
Mengingat kebiasaan masyarakat yang kerap mengonsumsi berita dengan mudah tanpa mencari tahu kebenaran fakta yang disampaikan oleh berita tersebut, kesadaran penulis untuk tetap patuh pada elemen-elemen jurnalisme tentu berpengaruh terhadap pengetahuan masyarakat yang mengonsumsi berita tersebut. Dikarenakan blog adalah media yang mudah untuk diakses dan sangat transparan. Penulis perlu menerapkan elemen-elemen jurnalisme pada penulisan.
The Elements of Journalism, What Newspeople Should Know and the Public Should Expect (New York: Crown Publishers, 2001) sebagai berikut:
  1. Kewajiban pertama adalah pada kebenaran
    Kebenaran memang menjadi satu perhatian penting bagi seluruh jurnalis. Blogger yaitu sebutan penulis blog, juga dikategorikan sebagai jurnalis. Maka perlu bagi para penulis. Kovach menjelaskan, untuk memahami sebuah kebenaran dalam proses jurnalisme adalah dengan memahami kebenaran sebagai sebuah proses, yakni perjalanan berkelanjutan menuju suatu pemahaman.
    Penulis blog diharapkan dapat mempertanggungjawabkan tulisannya.

  2. Kesetiaan (loyalitas) jurnalisme adalah kepada warga (citizens).
  3. Disiplin verifikasi.
  4. Jurnalis harus tetap independen.
  5. Jurnalis bertindak sebagai pemantau.
  6. Jurnalisme harus menyediakan forum bagi kritik, komentar, dan tanggapan dari publik.
  7. Membuat hal yang penting itu menjadi menarik dan relevan.
  8. Berita yang disajikan komprehensif dan proporsional
  9. Mengikuti hati nurani –etika, tanggung jawab moral, dan standar nilai.
Belakangan, Bill Kovach dan Tom Rosenstiel menambahkan prinsip kesepuluh: “warga juga memiliki hak dan tanggung jawab dalam hal yang berkaitan dengan berita.”


Komentar

Postingan Populer