Kendala Dalam Proses Wawancara


Proses wawancara yang dilakukan di rumah tentunya memiliki pro dan kontranya tersendiri. Dibalik mudahnya akses dan izin wartawan dengan narasumber yang merupakan anggota keluraga masing-masing mahasiswa, terdapat pula kendala yang dialami sebelum wawancara dilakukan, yakni:

  • Kurangnya minat narasumber dalam keterlibatannya dalam tugas ini.
  • Kurangnya pengetahuan dan wawasan narasumber mengenai topik yang ditentukan.
  • Keterbatasan alat dalam wawancara sehingga audio dan visual yang dihasilkan tidak memuaskan.
  • Rendahnya motivasi wartawan dalam melakukan wawancara dikarenakan hubungan tidak baik dalam keluarga.
  • Kurangnya pengalaman wartawan dalam bidang jurnalistik.

Terlepas dari kendala yang dialami sebelum wawancara, wawancara tetap terlaksana dalam waktu singkat dikarenakan keterbatasan waktu narasumber yang merupakan karyawan swasta yang perlu melakukan pekerjaan kantor di rumah selama masa pandemi. Wawancara dilakukan tanpa adanya briefing terlebih dahulu, dan wawancara dilakukan secara spontan. Hal tersebut menyebabkan kendala pada proses wawancara, yaitu:

  • Wawancara tidak berjalan dengan lancar dikarenakan situasi tidak nyaman antara narasumber dan wartawan yang merupakan keluarga.
  • Narasumber terlalu banyak berpikir dalam menjawab pertanyaan.
  • Wartawan perlu mengulang pertanyaan berkali-kali
  • Kalimat yang diucapkan narasumber dalam menjawab pertanyan tidak efektif.


Sejatinya, wartawan perlu menyiapkan pertanyaan sebelum wawancara dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai topik yang akan disampaikan, juga perlunya briefing dengan narasumber untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Namun, dikarenakan kendala-kendala yang telah disebutkan diatas, wartawan tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan jumlah data yang sedikit untuk menyusun sebuah berita yang menarik dan informatif. Maka, wartawan memutuskan untuk tidak mengumpulkan tugas wawancara atas kendala yang terjadi.

Permohonan maaf sebesar-besarnya terhadap dosen mata kuliah Jurnalistik 2 semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Berikut adalah kendala yang diperoleh wartawan setelah melakukan proses wawancara dengan salah satu anggota keluarga.


Terima kasih. 

Komentar

Postingan Populer